Pendahuluan

Gaple, juga di kenal sebagai domino, adalah permainan kartu yang telah mengakar kuat di berbagai budaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah gaple, asal-usulnya, dan bagaimana permainan ini menjadi populer di Indonesia. https://nashopenmic.com/

Asal-Usul Gaple

Sejarah gaple memiliki banyak versi, tetapi kita sepakat bahwa permainan domino pertama kali lahir dan di kenal di Tiongkok. Gaple alias domino berasal dari Tiongkok dan mulai populer saat festival Wulin, yang sebelumnya di kenal sebagai kota Hang Zhou. Kartu gaple memiliki bentuk persegi panjang dengan garis pembatas yang membagi sisi muka kartu. Pada setiap kartu gaple, terdapat titik-titik yang menunjukkan angka. Jumlah total kartu gaple adalah 28.

Gaple di China

Pada masa Dinasti Song (1162-1494), gaple di kenal sebagai permainan rakyat yang sering di mainkan. Biasanya, permainan gaple atau domino marak saat festival Wulin. Selain itu, ada juga versi cerita yang mengaitkan gaple dengan sosok Hung Ming, yang hidup pada masa 181-234 Masehi. Hung Ming menciptakan gaple agar prajurit penjaganya tidak mengantuk saat berjaga malam.

Gaple di Indonesia

Gaple tiba di Indonesia melalui jalur perdagangan dan hubungan budaya. Permainan ini cepat di terima oleh masyarakat dan menjadi bagian penting dari tradisi permainan di berbagai daerah. Di Indonesia, gaple sering di mainkan dalam keluarga, di warung kopi, atau bahkan di acara-acara perayaan. Aturan mainnya sederhana: pemain harus mencocokkan kartu dengan jumlah titik yang sama. Gaple juga memiliki variasi permainan, seperti “kembang-kempis” dan “bermain ganda.”

Kesimpulan

Gaple adalah permainan kartu yang menghubungkan kita dengan sejarah dan budaya. Dari China hingga Indonesia, gaple terus memikat pemain dengan kesederhanaannya dan daya tariknya. Selamat bermain gaple.